> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

Makanan Untuk Menambah Massa Otot

October 11, 2019

Sebagian orang ingin memiliki tubuh yang kekar dan berotot. Bermacam-macam alasannya, salah satunya adalah untuk menunjang penampilan agar menjadi lebih menarik. Namun, bukanlah hal yang mudah untuk mencapai keinginan tersebut. Demi mendapatkan tubuh berotot, tentu dibutuhkan perjuangan dan upaya yang keras. Selain harus berolahraga dan latihan pembentukan otot yang rutin, Anda juga perlu memenuhi asupan makanan bernutrisi yang tepat agar otot lebih mudah terbentuk. Makanan yang dipilih pun tidak bisa sembarangan, karena jika salah-salah memilih makanan, bukannya otot yang terbentuk malah lemak Anda yang semakin bertambah banyak. Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan untuk menambah massa otot yang bisa Anda coba.


1. Daging Tanpa Lemak

Anda pasti sudah tahu bahwa daging merupakan makanan yang kaya akan protein. Namun, sifat alami daging itu sendiri adalah mengandung lemak yang tergolong ke dalam lemak jenuh dan berbahaya untuk jantung. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih daging yang tidak mengandung lemak karena daging jenis ini memiliki kandungan lemak yang relatif rendah.


2. Telur

Makanan yang satu ini sangat mudah untuk didapatkan, harganya murah, dan bisa dibeli di mana saja. Telur juga salah satu makanan yang mudah diolah dengan cara apapun. Akan tetapi, apabila Anda ingin menjadikan telur sebagai salah satu menu makanan untuk menambah massa otot, Anda hanya boleh memakan bagian putihnya saja. Alasan mengapa telur baik untuk pertumbuhan massa otot adalah karena putih telur mengandung protein yang tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan otot untuk tumbuh.


3. Dada Ayam

Dada ayam termasuk jenis daging yang baik karena mengandung sedikit lemak. Dada ayam baik untuk dijadikan makanan untuk menambah massa otot karena bagian dada mengandung protein yang tinggi dan lemak yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi ketika Anda ingin membentuk otot.


4. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki kandungan protein tinggi, sehingga termasuk salah satu makanan untuk menambah massa otot. Dalam satu buah alpukat, terdapat sekitar 4 gram protein yang siap memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Tidak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak baik yang dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan dapat juga menyehatkan jantung.


5. Ikan

Ikan dikatakan baik untuk menambah massa otot adalah karena ikan memiliki kandungan protein tinggi dan lemak yang rendah.


6. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan serat, potasium dan vitamin. Ubi jalar juga mengandung karbohidrat kompleks dan kaya akan glikogen serta mengandung karotenoid, vitamin B6, C, E, D, zat besi, tembaga, serta magnesium yang sangat penting untuk tubuh. Ubi jalar juga bisa mengendalikan nafsu makan dengan mempertahankan rasa kenyang dan menekan rasa lapar.


7. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Protein yang dimiliki oleh biji-bijian dapat memberikan energi dan membantu pembentukan otot sehingga bisa dijadikan salah satu menu makanan untuk menambah massa otot.



Ketika Anda ingin membentuk badan menjadi lebih berisi dan berotot, maka 3 aspek paling penting adalah olahraga, istirahat cukup, serta memakan makanan untuk menambah massa otot. Dengan melakukan hal ini, maka tujuan Anda untuk membentuk otot akan lebih cepat tercapai. Anda pun bisa bergabung dengan Gold’s Gym untuk melakukan olahraga dan latihan yang tepat demi membentuk otot. Gold’s Gym memiliki banyak program latihan serta didampingi oleh PT yang handal, maka Anda bisa segera mewujudkan keinginan untuk menjadi lebih sehat, kuat, dan bugar. Bergabung dengan Gold’s Gym sekarang juga di sini.