> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

Overnight Oat, Menu Sehat Sebelum Olahraga Pagi

August 27, 2019

Sumber: https://skinnyms.com/berry-overnight-oats/

 

Salah satu hal yang seringkali dilewatkan dan dianggap sepele oleh banyak orang adalah sarapan. Padahal sarapan merupakan salah satu bagian paling penting apabila Anda ingin menjalani hari dengan lancar. Apabila tidak sarapan, tubuh akan lemas karena kekurangan tenaga, terlebih-lebih jika Anda berniat untuk olahraga di pagi hari. Namun, ada dilema yang terjadi, jika tidak sarapan maka tubuh tidak akan bertenaga bahkan dapat memicu masalah setelahnya, akan tetapi jika Anda sarapan, terkadang Anda malah merasa sakit perut. Lalu bagaimana solusinya?

 

Idealnya, sarapan seharusnya dilakukan 2 jam sebelum berolahraga. Energi yang Anda dapatkan ketika makan malam sudah habis selama tidur, karena selama tidur tubuh Anda tetap bekerja dan membutuhkan energi, misalnya untuk bernapas dan memompa darah. Sarapan pagi, terutama sebelum olahraga sangat penting untuk meningkatkan kadar gula darah sehingga Anda kembali mendapatkan sumber energi. Beberapa jenis makanan yang baik dimakan sebelum berolahraga roti atau sereal gandum utuh, susu rendah lemak, jus, pisang, dan telur rebus.

 

Untuk porsi sarapan, Anda sebaiknya jangan makan terlalu banyak karena dapat menyebabkan perut menjadi terasa tidak nyaman, kram perut, bahkan diare. Demikian pula halnya bila Anda sarapan dalam porsi terlalu kecil, tubuh Anda akan kekurangan energi, lalu lemas bahkan sampai pingsan ketika berolahraga.

Overnight Oat

Overnight oat merupakan salah satu makanan yang belakangan ini sangat populer di kalangan masyarakat, terutama di antara mereka yang sedang menjalankan program diet. Overnight oat sangat disarankan untuk disantap saat sarapan, apalagi sebelum berolahraga pagi. Oat mengandung kadar serat yang tinggi.

 

Menurut Harvard Health Publications, mengonsumsi  30 gram serat setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan dan tentunya dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat tubuh Anda. Bahkan Wake Forest Baptist Medical Center dari Amerika Serikat juga menambahkan bahwa oat dapat membantu Anda menghilangkan perut buncit yang mengganggu. Diyakini pula bahwa seseorang yang rajin sarapan dengan oat, akan memiliki tubuh yang cenderung lebih ideal dan jauh dari risiko diabetes.

 

Nyatanya, keuntungan mengonsumsi overnight oat tidak hanya terletak pada nutrisi yang akan didapatkan oleh tubuh, akan tetapi overnight oat juga merupakan salah satu menu sarapan yang tidak merepotkan. Untuk menikmati overnight oat saat sarapan, Anda dapat mempersiapkannya dulu semalam sebelumnya. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu Anda yang biasanya akan sibuk dan kegiatan di pagi hari.

Oat dinilai memiliki rasa yang terlalu hambar dan tidak enak, sehingga masih banyak orang yang memilih untuk tidak mengonsumsinya tidak peduli sebanyak apapun nutrisi yang diberikan oleh oat. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat mengolahnya dengan menambahkan bahan makanan lain agar oat jadi terasa lebih nikmat. Berikut ini cara mengolah oat agar enak saat dinikmati.

 

Bahan untuk 1 jar overnight oat:

- cangkir oat instan (tidak perlu dimasak)

- Susu rendah lemak (low fat atau skim milk)

- Madu

- Topping: pisang, stroberi, blueberry

 

Cara membuat:

1. Masukkan oat ke dalam jar yang telah disiapkan.

2. Tuangkan susu.

3. Masukkan kacang almond yang sudah dihancurkan atau dipotong kecil-kecil.

4. Tambahkan madu.

5. Aduk rata isi jar.

6. Masukkan ke dalam kulkas, lalu kalian dapat mengonsumsinya keesokan pagi saat sarapan.

7. Untuk topping buah-buahan, Anda dapat mencampurkannya langsung sebelum memasukkan ke kulkas, dapat pula memberikan potongan-potongan buah tersebut sesasat ketika overnight oat hendak disantap.

 

Overnight oat dapat bertahan hingga 5 hari di kulkas, itu berarti Anda dapat membuat beberapa jar overnight untuk sarapan beberapa hari ke depan. Sebenarnya overnight tidak hanya bisa disantap saat sarapan, tapi juga bisa dijadikan snack bergizi ketika Anda sedang ingin menyamil sesuatu yang tidak mengganggu program diet Anda.

 

Mengonsumsi overnight oat merupakan salah satu cara untuk memperlancar program diet Anda. Menu ini sangat cocok dinikmati di pagi hari sebelum berolahraga pagi. Olahraga rutin merupakan faktor penting yang harus dilakukan agar mencapai berat badan ideal yang Anda idam-idamkan. Selain berolahraga, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan, banyak minum air putih, dan makan makanan dengan nutrisi seimbang.


Untuk berolahraga sendiri, Anda tidak perlu terlalu memforsir diri sendiri dengan berolahraga berjam-jam setiap harinya. Saat ini di Gold’s Gym telah ada program olahraga singkat selama 30 menit dengan hasil yang luar biasa. Program tersebut bernama Gold’s Heat yang terbagi jadi Heat Shred dan Heat Pyro. Gold’s Heat merupakan perpaduan antara musik up-beat dengan gerakan interval berintensites tinggi yang dapat lebih efektif dalam membakar lemak-lemak membandel di tubuh Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengajak teman Anda untuk bergabung dalam program olahraga menyenangkan lainnya yang ditawarkan dalam kelas GGX. Jangan tunggu lagi untuk segera bergabung dalam program Gold’s Heat. Impian Anda untuk memiliki tubuh proporsional sudah di depan mata, Anda dapat mewujudkannya bersama Gold’s Gym.