> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

Daftar Menu Diet Sehat dan Murah Meriah

October 18, 2019

Sumber: freepik.com


Gaya hidup serba mudah dan instan saat ini ikut memengaruhi pola makan seseorang. Karena padatnya kesibukan, tidak jarang orang yang memilih untuk memakan makanan instan yang biasanya cenderung tidak sehat dan buruk untuk kesehatan tubuh. Hal seperti ini tidak berbanding lurus dengan keinginan semua orang yang ingin sehat dan memiliki tubuh ideal. Tubuh ideal tentu saja harus didukung oleh pola makan yang sehat juga. 


Sekarang ini memang sudah banyak katering sehat yang diperuntukkan bagi mereka yang menolak untuk mengonsumsi makanan instan sembarangan, akan tetapi masih jarang sekali katering sehat yang harganya ‘ramah’ bagi semua orang. Katering sehat seperti ini biasanya dibandrol dengan harga yang lumayan menguras dompet. Jadi, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk tetap sehat dengan biaya yang tidak membuat saku jebol adalah dengan cara mengolah sendiri menu makanan sehat tersebut. Berikut ini beberapa jenis menu diet sehat dan murah meriah yang dapat Anda coba.


Telur

Banyak orang yang sudah memasukkan telur ke dalam menu dietnya. Bahkan ada yang secara serius melakukan diet telur rebus. Telur memang baik untuk kesehatan karena mengandung protein yang tinggi. Telur rebus yang dikonsumsi di pagi hari bersama sayuran dapat berfungsi sebagai sumber energi. Namun, bagian yang baik untuk dikonsumsi ketika diet adalah putih telurnya saja, dan Anda sebaiknya menggabungkan telur dengan makanan lain agar gizi yang didapatkan oleh tubuh menjadi seimbang.


Ubi

Salah satu jenis makanan dari menu diet sehat dan murah serta mudah didapat adalah ubi-ubi. Tidak hanya menyehatkan, jenis umbi-umbian yang satu ini juga enak. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam ubi adalah vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Ubi yang rendah kalori ini juga merupakan sumber karbohidrat yang baik, sehingga dapat Anda jadikan alternatif pengganti nasi, bahkan bisa dijadikan camilan.


Jamur

Jamur merupakan salah satu bahan makanan alami yang dapat berfungsi sebagai sumber kalori dan serat. Selain itu, jamur nyatanya juga bisa dijadikan penyedap rasa untuk makanan. Penggunaan MSG sebagai penyedap masakan tidak begitu disarankan karena kurang menyehatkan. Dengan menjadikan jamur sebagai kaldu, maka Anda bisa mendapatkan rasa makanan yang lezat dan tetap sehat. Harga jamur juga relatif murah dan mudah diperoleh di pasaran.


Teh Hijau

Teh hijau sudah dikenal sebagai minuman sakral sejak zaman kerajaan dahulu kala, terutama di wilayah Asia Timur. Di balik sakralnya teh hijau, jenis minuman satu ini dapat memberikan berbagai efek positif termasuk mengecilkan perut dan mengikat lemak yang menempel pada saluran pencernaan. Teh hijau juga bisa membantu dalam membersihkan usus besar Anda secara bertahap. Maka teh hijau adalah salah satu menu diet sehat dan murah yang tidak boleh Anda lewatkan.


Kembang Kol

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? Hampir semua orang tahu dan pernah memakan sayuran populer ini. Kembang kol dapat diolah menjadi berbagai macam masakan sehat seprti salad, omelet, sup kacang merah, bahkan martabak kembang kol. Kembang kol mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin, zat besi, kalsium, rendah kalori dan tinggi serat, serta memiliki antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker usus.


Bayam

Sayuran hijau nyatanya juga dapat membantu menjaga berat badan Anda, salah satu yang paling sering dikonsumsi oleh orang kebanyakan adalah bayam. Sayuran hiijau yang satu ini kaya akan serat, rendah kalori, dan mengandung zat yang mampu mengikat kolesterol jahat. Bayam juga merupakan salah satu sumber zat besi yang baik untuk tubuh, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, sayuran yang biasa diolah menjadi sayur bening ini juga dapat membuat perut Anda lebih kenyang.



Buah

Buah tentunya sangat baik untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet sehat dan murah meriah. Rata-rata buah memiliki berbagai jenis kandungan vitamin dan tinggi serat. Buah-buahan juga dapat menjauhkan Anda dari risiko berbagai jenis penyakit dan menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Beberapa jenis buah yang dapat anda masukkan ke dalam daftar menu diet sehat dan murah meriah di antaranya adalah alpukat, pepaya, dan pisang. Ketiga buah ini sangat baik apabila Anda sedang dalam program diet. Memakan buah ini dapat membuat perut Anda kenyang, sehingga buah-buahan ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif sumber energi harian.



Itu lah tadi beberapa jenis makanan yang dapat Anda masukkan ke dalam menu diet sehat dan murah. Di samping makanan tersebut, Anda juga harus berolahraga, istirahat yang cukup, serta banyak minum air putih. Setelah mengetahui menu di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba?