> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

Manfaat Senam Aerobik yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

September 24, 2019

Salah satu olahraga yang paling diminati wanita adalah senam aerobik. Senam yang satu ini sangat efektif untuk membuat Anda berkeringat. Senam aerobik merupakan senam yang diisi oleh serangkaian gerakan yang dilakukan secara beriringan dalam waktu tertentu dan diiringi oleh irama musik. Maka, selain efektif membakar kalori dalam tubuh Anda, senam aerobik juga dirasa cukup menyenangkan untuk dilakukan. Lantunan musik yang menemani gerakan Anda selama latihan tentunya akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat. Gerakan demi gerakan pada senam aerobik bertujuan untuk melatih otot-otot tubuh, serta bermanfaat dalam meningkatkan aliran oksigen ke otot dan jantung.

Setiap olahraga pasti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan dapat menjaga kebugaran tubuh. Senam aerobik salah satunya, merupakan olahraga yang banyak manfaatnya untuk tubuh, terutama sangat baik untuk kesehatan jantung. Senam aerobik dinilai sebagai salah satu olahraga yang cukup santai dan tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga sehingga aman dilakukan oleh berbagai kalangan, terutama wanita hamil dan orang tua. Berikut ini beberapa manfaat senam aerobik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Menjaga berat badan
Manfaat senam aerobik yang pertama adalah dapat menurunkan dan menjaga berat badan. Olahraga yang satu ini termasuk olahraga yang efektif dalam menurunkan berat badan, itu karena senam aerobik membuat Anda menggerakkan seluruh tubuh serta dilakukan dalam durasi waktu yang cukup lama. Apabila Anda ingin hasil yang maksimal, lakukan senam aerobik secara teratur dan imbangilah dengan pola diet yang baik dan menyehatkan.

Menyehatkan jantung
Manfaat senam aerobik kedua adalah etika seseorang melakukan senam aerobik, maka denyut jantung pun akan meningkat. Hal ini dapat melatih jantung dan dengan melakukan senam aerobik secara rutin dapat membuat irama jantung menjadi lebih stabil. Oleh karena itu latihan senam aerobik dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

Menjaga kesehatan otot
Otot manusia membutuhkan oksigen yang cukup, dan salah satunya adalah dengan melakukan gerakan senam aerobik. Senam aerobik dapat mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot serta menjauhkannya dari berbagai macam limbah, salah satunya asam laktat. Senam aerobik juga dapat melatih otot-otot tubuh sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.

Mengurangi risiko penyakit
Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah dapat menghindarkan Anda dari risiko berbagai macam penyakit. Melakukan senam aerobik secara rutin dapat membantu sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh, maka dari itu senam aerobik sangat bermanfaat dalam mencegah tekanan darah tinggi, serta menghalangi kolesterol jahat yang menumpuk pada pembuluh darah. Gerakan dalam senam aerobik pun mampu membakar kalori dengan cepat, hal ini membuat senam aerobik dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Mengurangi stres
Salah satu manfaat penting dari melakukan olahraga adalah mengurangi stres, tidak terkecuali ketika melakukan senam aerobik. Ketika melakukan senam aerobi, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa memicu Anda merasa lebih bahagia. Selain itu, senam aerobik juga terbukti mampu meningkatkan rasa percaya diri dan fungsi kerja otak sehingga menurunkan risiko terkena depresi.

Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
Seseorang yang rutin melakukan senam aerobik tentunya akan memiliki stamina yang lebih kuat. Tidak hanya itu, senam aerobik juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Meningkatnya sistem imun akan membuat tubuh Anda lebih kuat dan terlindungi dari berbagai macam virus dan bakteri, sehingga Anda tidak mudah terserang sakit.

Dengan rutin melakukannya, Anda akan semakin mendapatkan manfaat senam aerobik secara nyata. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda sebaiknya juga mendukungnya dengan makanan sehat dan bernutrisi tinggi, memiliki pola tidur yang baik dengan tidak sering begadang, serta meminum banyak air putih.