> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

August 20, 2019

Berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh proporsional, dan tentunya juga harus tetap sehat. Jangan sampai program diet ketat malah berujung buruk bagi kesehatan. Untuk mendapatkan berat tubuh ideal, ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan, serta berbagai macam program diet lainnya. Mulai dari program diet yang dikemas dalam paket katering makanan sehat, hingga menggunakan bahan makanan yang mudah ditemukan di dapur rumah Anda. Salah satu upaya yang cukup populer dan digemari banyak orang adalah diet jeruk nipis.

 

Diet jeruk nipis digemari dan dirasa cukup mudah untuk dilakukan karena Anda tidak perlu bersusah payah mencarinya apalagi sampai harus merogoh kocek terlalu dalam. Bagi Anda yang sudah mencoba bermacam-macam diet, tetapi belum mendapatkan hasil yang signifikan, mungkin ada baiknya mulai memasukkan jeruk nipis ke dalam menu program diet Anda.

 

Ada banyak sumber yang menyebutkan bahwa jeruk nipis yang dikonsumsi secara rutin setiap hari dapat membuat Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Namun, perlu digarisbawahi, tidak dibenarkan apabila Anda hanya mengandalkan konsumsi jeruk nipis saja sebagai satu-satunya metode untuk menurunkan berat badan, sementara tidak diimbangi dengan metode lain yang juga berkontribusi besar terhadap berat badan, seperti pola makan bernutirisi tinggi, gaya hidup seimbang, rutinitas olahraga,  serta istirahat yang cukup. Sesungguhnya jeruk nipis hanya menjadi salah satu faktor penunjang dalam menurunkan berat badan.

 

Untuk tahu lebih jelasnya, simak penjelasan lebih lanjut mengenai cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis.

 

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Menurut penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan dalam Nutrition and Metabolism, vitamin C manfaat penting bagi tubuh karena dapat membantu sistem imun tubuh. Air jeruk nipis juga mengandung antivirus dan antibakteri alami, itulah mengapa air jeruk dapat mendongkrak imun tubuh Anda. Selain itu, vitamin C juga dapat membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga. Maka, jeruk nipis dinilai cukup ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

 

Pada dasarnya, salah satu cara paling mudah dalam menurunkan berat badan adalah dengan meminum banyak air putih setiap harinya, terutama air putih hangat dan diminum dalam keadaan perut kosong di pagi hari. Namun, apabila ditambah dengan perasan jeruk nipis, diyakini Anda akan mempercepat proses penurunan berat badan ini. Selain itu, perasan jeruk nipis juga dapat membantu proses detoksifikasi dengan cara membersihkan liver dan darah.

 

Mengonsumsi Jeruk Nipis dengan Tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk diet jeruk nipis, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa lambung Anda berada dalam keadaan sehat. Tingkat keasaman pada jeruk nipis cukup tinggi, sehingga berisiko dapat menyebabkan gangguan lambung apabila Anda mengonsumsinya dalam keadaan lambung yang kurang baik, atau jika Anda pernah memiliki riwayat penyakit lambung.

 

Setelah memastikan kondisi lambung Anda, saatnya untuk memilih jeruk nipis yang tepat. Anda perlu memilih jeruk nipis yang sudah matang ntuk mendapatkan kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Salah satu kandungan yang akan Anda dapatkan dari jeruk nipis matang adalah Citrus Aurantifolia, yaitu nutrisi yang dapat meluruhkan lemak di dalam tubuh.

  

Cara Penyajian Jeruk Nipis

Simak cara-cara penyajian yang disarankan untuk dapat menurunkan berat badan dengan jeruk nipis.

  1. Menggunakan air hangat

Ketika akan mengonsumsi jeruk nipis, Anda sangat disarankan untuk menyajikannya menggunakan air hangat. Anda cukup memeras jeruk nipis ke dalam air hangat, tidak perlu ditambahkan gula. Apabila rasanya terlalu asam untuk Anda, Anda sebaiknya menambahkan madu. Selain lebih mudah dicerna oleh tubuh, air hangat juga dapat membantu mempercepat metabolisme. Hal ini akan membuat hasilnya lebih cepat dan efektif.

 

  1. Infused water

Salah satu cara paling populer yang sering dilakukan orang dalam menurunkan berat badan dengan jeruk nipis adalah menyajikannya menjadi infused water. Apabila Anda termasuk orang yang sibuk berkegiatan dan tidak sempat memeras jeruk nipis, ini merupakan salah satu cara untuk mempermudah Anda dalam mengonsumsi air jeruk nipis. Anda hanya tinggal memotong-motong jeruk nipis, lalu memasukkannya ke dalam botol minum Anda. Anda juga boleh menambah beberapa buah-buahan lain, seperti stroberi atau lemon. Disarankan untuk menunggu 6-8 jam sebelum Anda meminum infused water tersebut. Maka Anda bisa membuat infused water pada malam sebelum Anda beraktivitas di esok hari. Lebih mudah dan sangat menghemat waktu, bukan?

 

  1. Kombinasikan dengan jahe

Jahe dikatakan baik dikombinasikan dengan jeruk nipis karena jahe dapat merangsang metabolisme dan membuat tubuh Anda membakar kalori lebih cepat. Cara menyajikannya adalah dengan memblender 2 inci jahe bersama segelas air, lalu saring ampasnya. Setelah itu, tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis. Anda pun dapat segera meminumnya.

 

 

Anda disarankan tidak meminum jeruk nipis lebih dari tiga kali sehari. Tiga kali yaitu pagi, siang, dan malam ketika sebelum tidur. Anda juga harus melihat apakah mengonsumsi jeruk nipis berakibat buruk bagi lambung Anda, karena tentu akan berbeda-beda efeknya bagi masing-masing orang. Diet jeruk nipis yang Anda lakukan tidak akan memberikan dampak banyak apabila Anda tidak menjaga pola makan, gaya hidup, serta rajin berolahraga.

 

Ada banyak faktor yang menentukan turunnya berat badan seseorang, salah satu yang terpenting adalah aktivitas fisik dan berolahraga agar kalori lebih cepat terbakar. Apabila Anda termasuk orang yang malas untuk berolahraga di luar ruangan, sekarang sudah banyak sekali pusat kebugaran yang dapat memberikan Anda kenyamanan saat berolahraga. Salah satu yang terbaik dan dapat membantu Anda mendapat hasil yang maksimal adalah Gold’s Gym. Ada banyak sekali jenis aktivitas yang Gold’s Gym tawarkan. Anda bisa menggunakan personal trainer jika memang ingin lebih fokus dan cepat ketika menurunkan berat badan. Anda pun bisa mengikuti kelas GGX bersama teman-teman jika ingin suasana berolahraga yang lebih ramai dan menyenangkan. Anda juga dapat mencoba berolahraga bersama Gold’s Gym gratis selama 1 minggu. Jadi jangan tunggu lagi untuk segera mendapatkan tubuh ideal dan sehatmu. Bergabung bersama Gold’s Gym dan rasakan keseruannya.