> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

Penyebab Badan Susah Kurus, Meski Sudah Berolahraga

April 24, 2019

Olahraga dan menjaga pola makan sehat merupakan kunci utama dalam menurunkan berat badan. Namun, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa ada orang yang sudah berolahraga atau latihan namun berat badannya belum juga turun. Hal tersebut tentu disebabkan oleh berbagai faktor. Pola makan atau diet memang berperan penting dalam program penurunan berat badan. Diet sendiri merupakan  upaya mengatur pola makan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Prinsip utama diet untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan protein serta mengurangi asupan karbohidrat dan lemak. Karena protein dapat menekan nafsu makan, meningkatkan pembakaran kalori, serta dapat mencegah penyusutan otot karena pengukuran asupan kalori. Lalu, apa saja sih faktor penyebab badan susah kurus meski kita sudah berolahraga?

Faktor penyebab badan susah kurus meski sudah latihan


Prinsip sederhana untuk menurunkan berat badan adalah tubuh membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk. Karena itulah, pola makan sangat penting untuk menurunkan berat badan. Bukan hanya pola makan, olahraga juga sangat berperan penting untuk menurunkan berat badan. Banyak sekali metode latihan untuk program diet. Namun, tidak sedikir yang mengaku bahwa mereka sudah melakukan latihan tapi berat badan belum mau turun juga? Mungkin beberapa hal berikut yang menjadi penyebab badan susah kurus meski sudah berolahraga :


1. Salah dalam melakukan latihan

Karena ingin menurunkan berat badan banyak orang yang berkonsentrasi pada latihan otot perut. Seperti latihan crunch, plank, atau sit up. Ingat, menurunkan berat badan sama dengan Anda harus mengurangi lemak di tubuh, bukan hanya bagian perut. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kombinasikan latihan beban dan kardio. Latihan kardio dapat membantu mempercepat metabolisme dan membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori meski saat beristirahat. Jika tubuh Anda membakar kalori lebih banyak tiap harinya, maka tentu akan sangat membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat. Sementara latihan beban, selain untuk menurunkan berat badan, juga dapat membantu mempertahankan dan menambah massa otot, serta meningkatkan komposisi tubuh.


2. Stress

Stress memang menjadi penyebab badan susah kurus yang sering dilupakan oleh banyak orang. Stress dapat berpengaruh dikarenakan stress akan meningkatkan hormon kortisol yang mampu memperlambat proses metabolisme. Jadi, jika stress sering terjadi, tubuh Anda tak akan dapat membakar kalori dengan banyak seperti sebagaimana mestinya. Namun, stress juga dapat berpengaruh pada penurunan berat badan. Tapi, penurunan berat badan karena stress bukan hal yang baik karena bukan keinginan sendiri. Lantaran terlalu mendapat tekanan, seseorang dapat merasa tidak lapar dan makan lebih sedikit dari biasanya.


3. Kurang tidur

Selain latihan, pola makan, dan stress, faktor lain yang juga mempengaruhi berat badan seseorang adalah mendapatkan tidur atau istirahat yang cukup. Tidur sangat penting karena memberikan waktu tubuh untuk beristirahat. Tidur dapat menghindarkan seseorang dari kelelahan, yang mana kelelahan dapat membuat tubuh cenderung lebih menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat serta makanan tinggi lemak. Tentu saja hal itu akan dapat membuat program penurunan berat badan Anda gagal.


Tiga poin di atas adalah beberapa penyebab badan susah kurus meski sudah berolahraga. Selain olahraga, pola makan, stress, dan istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang cepat.