> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

6 Olahraga Ringan Agar Tetap Sehat Meski Sibuk Kerja

April 24, 2019

Seringkali bagi orang yang sibuk bekerja sejak pagi hingga petang, menyisihkan waktu untuk olahraga bukanlah perkara mudah. Karena itulah, mencoba gerakan ringan sebelum bekerja di pagi hari patut dicoba.  Gerakannya amat sederhana dan tidak memakan banyak waktu sehingga Anda bisa menjadikannya rutinitas tanpa perlu khawatir akan terlambat datang bekerja.

Manfaat olahraga ringan sebelum bekerja

Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga di pagi hari memiliki berbagai manfaat. Saalh satunya adalah meningkatkan mood selama seharian dan meningkatkan kemampuan otak serta menjaga produktivitas saat bekerja.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Appalachian State University, manfaat olahraga pagi hari secara rutin di antaranya yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kualitas tidur. Keduanya adalah faktor yang penting agar Anda dapat menjalani rutinitas dengan baik pada keesokan harinya.  Selain itu, kualitas tidur yang baik juga dapat membantu Anda mengendalikan hormon yang mengatur rasa lapar. Hormon ini berperan dalam kenaikan berat badan. Karenanya, rutinitas olahraga pagi hari akan sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan.


Jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan sebelum bekerja

Untuk berolahraga ringan ini, Anda bisa melakukannya dengan atau tanpa alat, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan alat yang tersedia di rumah dan seberapa banyak waktu yang Anda miliki sebelum berangkat kerja. Berikut adalah beberapa jenis olahraga ringan sebelum bekerja yang dapat Anda lakukan :


1. Jogging

Jika Anda memiliki waktu luang selama kurang lebih 30 menit sebelum bekerja, cobalah olahraga luar rumah seperti berjalan kaki atau jogging. Sebagai permulaan, awali dengan jalan kaki cepat kemudian lanjutkan dengan berlari selama 30 menit. Berikan jeda setiap 10 menit sekali. Latihan aerobik ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, selain itu tubuh Anda akan membakar berkisar 140-295 kalori.


2. Latihan menggunakan barbel

Jenis latihan satu ini memang salah satu yang fleksibel dan bisa dikombinasikan dengan berbagai variasi gerakan. Misalnya, squat, lunge depan dan samping, lunge bicep curl, deadlift, dan sebagainya. Gerakan ini akan memperkuat jaringan otot, menjaga kesehatan sistem peredaran darah, serta dapat membakar hingga 110 kalori.


3. Gerakan peregangan “cat camel stretch

Awali gerakan peregangan dengan bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut. Kemudian, lekukkan punggung hingga Anda dapat melihat area perut. Luruskan kembali punggung Anda dan dongakkan kepala hingga punggung Anda melengkung. Lakukan gerakan olahraga ringan ini sebanyak 4-5 kali sebelum Anda pergi bekerja.


4. Jumping jacks

Mulailah dengan berdiri dalam posisi tegap dan kedua kaki rapat. Kemudian, melompatlah sambil melebarkan tangan dan kaki. Kembalilah ke posisi awal dan ulangi kembali. Lakukan gerakan ringan ini selama satu menit, lalu tambahkan durasinya sedikit demi sedikit.


5. Gerakan yoga dasar

Meski tergolong olahraga klasik, yoga sama sekali tak kuno untuk urusan melatih kekuatan dan kelenturan tubuh sebelum bekerja. Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba berbagai gerakan yoga dasar dan salah satu gerakan yang sederhana yaitu tree pose. Untuk melakukannya, Anda cukup berdiri dengan satu kaki sambil mengangkat kaki yang lain. Posisikan kedua tangan Anda seperti sedang bersedekap. Tahan posisi ini selama 1-2 menit, lalu ulangi dengan bertumpu pada kaki Anda yang satunya.

6. Hip abductor side lifts

Berbaringlah menghadap ke samping kanan dengan tangan kanan terlipat menumpu kepala dan tangan kiri Anda di pinggang. Angkat perlahan kaki kiri Anda, lalu turunkan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali, lalu lakukan kembali pada sisi tubuh sebelah kiri. Selama mengangkat kaki, jagalah agar pinggul Anda tidak ikut bergerak.


Berbagai gerakan olahraga ringan yang Anda lakukan sebelum bekerja bermanfaat besar bagi kesehatan Anda di masa yang akan datang. Gerakan-gerakan ini tidak hanya menyehatkan sistem peredaran darah Anda, tapi juga dapat memperbaiki postur tubuh yang terganggu akibat terlalu lama duduk di kursi.

Bila sudah terbiasa dengan gerakan ringan, Anda dapat melanjutkan rutinitas olahraga pagi dengan latihan-latihan yang intensitasnya lebih berat. Namun, sesuaikan latihan ini dengan kemampuan Anda. Lakukan gerakan olahraga sesuai prosedur untuk menghindari efek samping seperti keseleo dan cedera.