BACK




KNOWLEDGE

9 Makanan untuk Membantu Pemulihan Kondisi Fisik Pasca Latihan

January 22, 2019

Setelah latihan, sebagian besar orang mungkin akan mengonsumsi suplemen untuk membantu proses pemulihan. Harapannya tentu agar semakin dekat dengan goal fitness mereka. Akan tetapi, sumber nutrisi terbaik memang berasal dari makanan sehat alami yang biasanya kita konsumsi. Apalagi mengingat harga suplemen yang biasanya relatif lebih mahal. Namun, makanan apa yang dapat membantu proses pemulihan kondisi fisik setelah latihan? Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu proses pemulihan Anda pasca latihan.

1. Greek yogurt baik untuk pemulihan kondisi fisik setelah olahraga


Mungkin bagi Anda pegiat fitness, sudah sering mendengar bahwa makanan ini memang yang tepat. Ya, greek yogurt adalah makanan ringan yang baik dikonsumsi setelah latihan. Hal ini tidak lepas karena greek yogurt mengandung nutrisi tinggi, yaitu karbohidrat dan protein. Kedua nutrisi tersebut dapat membantu mempercepat proses recovery (pemulihan). Kandungan protein dalam greek yogurt bisa mencapai 20-25 gram. Tentu, hal tersebut dapat membantu proses sintesis otot sementara karbohidratnya mampu mengisi ulang energi tubuh Anda.


2. Kentang panggang


Kentang yang diproses dengan cara dipanggang bagus juga untuk proses pemulihan kondisi fisik setelah olahraga. Dua mineral utama yang hilang melalui keringat saat olahraga adalah kalium dan natrium. Untuk mengisi ulang mineral tersebut, sebenarnya tidak harus melalui minuman olahraga. Tetapi juga bisa berasal dari makanan untuh seperti kentang. Selain kaya potassiun (kalium), kentang juga mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga mampu mengisi ulang energi tubuh.


3. Sereal gandum utuh plus susu


Sereal bukan hanya untuk sarapan saja, namun juga sangat baik dikonsumsi setelah latihan. Tentu akan sangat baik bila memilih sereal dari gandum utuh dengan rendah gula. Kombinasi sereal dengan susu akan memberikan protein dan karbohidrat yang mana keduanya sangat baik untuk proses pemulihan kondisi fisik.


4. Buah berry


Buah-buahan yang termasuk ke dalam buah berry mengandung antioksidan yang disebut dengan anthocyanin, yang memiliki sifat anti inflamasi. Hal tersebut tentu saja bisa membantu pemulihan pasca latihan yang intens. Selain itu, buah berry juga memiliki karbohidrat alami yang pastinya sangat baik dikonsumsi pasca latihan ditambah dengan protein yang tepat.


5. Kefir


Kefir merupakan minuman fermentasi susu yang mirip dengan yogurt. Kefir ini kaya akan protein dan probiotik sehingga cukup baik untuk goal fitness Anda. Terlebih bila dikonsumsi pasca latihan. Probiotik mendukung fungsi gastrointestinal dengan mempromosikan keseimbangan bakteri usus. Mikrobioma usus yang sehat juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, yang sangat penting selama pelatihan intensif.


6. Buah ceri


Buah ceri juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang mana berperan penting dalam proses pemulihan kondisi fisik setelah latihan dengan mengurangi stres oksidatif. Ceri juga merupakan sumber serat, kalium, dan vitamin A dan C.


7. Keju cottage


Keju cottage adalah keju lembut yang dibuat dari dadih dan memiliki rasa yang asam. Keju ini mengandung leusin, yaitu asam amino yang dikenal dapat membantu meningkatkan sintesis protein otot.


8. Wortel


Wortel sepertinya sudah tidak asing bagi Anda dan merupakan sumber beta-karoten yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Tentu saja ini sangat baik untuk pemulihan kondisi fisik setelah tubuh diajak bekerja keras saat latihan. Ini adalah salah satu makanan utuh yang disarankan untuk dikonsumsi pasca latihan.


9. Telur rebus


Ini dia solusi paling mudah pulihkan kondisi tubuh. Telur terutama putih telur mengandung tinggi protein yang sangat baik untuk pemulihan otot. Selain itu, telur juga mengandung vitamin D yang berperan mengelola peradangan dalam tubuh. Bila telur dikombinasikan dengan makanan sumber karbohidrat lain, maka itu adalah langkah yang sempurna untuk mencapai goal fitness Anda.


Jadi, bila Anda kesulitan untuk memiliki suplemen tertentu untuk membantu pemulihan kondisi fisik setelah latihan, Anda bisa manfaatkan dari berbagai makanan utuh di atas.

Source : https://duniafitnes.com/