> GRATIS KEANGGOTAAN DI SINI
BACK


NEWS
Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot Tubuh
July 19, 2018

Selain latihan, apa yang harus dilakukan untuk membentuk otot lebih cepat? Yaitu adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang terbaik. Latihan, baik itu latihan beban maupun latihan kardio adalah faktor utama dalam pembentukan otot. Ketika ingin menambah massa otot menjadi lebih besar, atau membentuk tubuh menjadi lebih ripped (lean) maka latihan wajib untuk dilakukan.

Tapi, latihan saja bukan satu-satunya syarat yang harus dilakukan. Akan tetapi, ada beberapa hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan jika ingin melakukan program pembentukan otot. Yaitu asupan nutrisi atau pengaturan pola makan (diet). Latihan yang keras tetapi bila tidak diimbangi dengan diet yang tepat maka hasil juga tidak akan maksimal. Asupan nutrisi menjadi penting karena ini bisa menjadi pemicu apakah otot Anda akan berkembang atau tidak. Karena, nutrisi-nutris sangat dibutuhkan sebagai makanan bagi otot. Bila tidak tercukupi dengan baik, maka usaha yang Anda lakukan yaitu latihan keras juga hanya menjadi sia-sia. Jika Anda tidak ingin terjadi demikian, baca penjelasan berikut.

1. Penuhi kebutuhan protein dari daging               

Protein adalah makanan utama bagi otot. Kekurangan makronutrisi ini, maka Anda akan mengalami kerugian karena otot tidak dapat berkembang maksimal. Justru bisa membuat tubuh Anda dalam kondisi katabolik atau merusak otot.

Untuk mengatasinya, Anda bisa konsumsi daging. Selain kaya akan protein, daging juga mengandung mineral penting untuk bantu membentuk otot lebih cepat. Daging sapi adalah sumber utama dari dua mineral penting bagi pertumbuhan otot yaitu zat besi dan seng. Kedua nutrisi ini memang tidak secara langsung dapat membentuk atau menumbuhkan otot, namun sangat diperlukan untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otot Anda.

Zat besi diperlukan untuk membantu produksi sel darah merah dan transportasi oksigen ke semua sel dalam tubuh, termasuk sel otot, sedangkan seng dibutuhkan terutama dalam pembentukan hormon testosteron dalam tubuh, di mana hormon ini memiliki peran besar bagi pertumbuhan massa otot.

Selain mengandung zat besi dan seng, daging sapi juga mengandung creatine yang berfungsi meningkatkan pasokan energi saat Anda berlatih juga serta untuk meningkatkan ukuran sel otot Anda.

2. Membentuk otot lebih cepat dengan rutin konsumsi telur

 Selain daging, putih telur juga kaya akan protein yang secara efektif berguna untuk membangun otot. Dalam sebutir telur terdapat sekitar 6 gram protein. Telur kaya akan asam amino, riboflavin, folat, zat besi, fosfor, juga vitamin B6, D, dan E. Telur juga mengandung vitamin B12 yang diperlukan tubuh untuk menghancurkan lemak. Untuk mendapatkan protein terbaiknya, konsumsilah bagian putih telurnya. Putih telur mempunyai BV (Biological Value) atau daya cerna dalam tunbuh yang sangat tinggi sehingga tak heran jika telur dianggap sebagai sumber protein yang superior.

3. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan protein dan asam lemak Omega 3. Protein yang terdapat pada salmon sangat baik untuk pertumbuhan otot. Sedangkan asam lemak Omega 3 berperan mengurangi kerusakan otot setelah Anda berlatih. Selain itu, asam lemak Omega 3 yang terdapat pada salmon juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

4. Minyak zaitun, si lemak baik

Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada minyak zaitun tergolong sebagai lemak baik. Lemak ini berperan mencegah kerusakan otot dengan menurunkan kadar tumor necrosis factor-alpha or TNF alpha yang dikaitkan dengan pembuangan otot dan kelelahan. Minyak zaitun dan lemak tak jenuh tunggal juga telah dikaitkan dengan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker usus besar, diabetes, dan osteoporosis.

5. Membentuk otot lebih cepat dengan yogurt

Kombinasi protein dan karbohidrat yang terdapat dalam yogurt sangat baik untuk pemulihan dan membantu membentuk otot lebih cepat.Tambahkan buah-buahan segar pada yogurt yang Anda konsumsi untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral untuk membantu pembentukan otot Anda. Yogurt juga baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan karena manfaat yang besar bagi kesehatan pencernaan Anda.

6. Kacang almond

Almond mengandung alfatokoferol, yaitu bentuk terbaik dari vitamin E yang cepat diserap oleh tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas setelah Anda berlatih, sehingga otot akan lebih cepat melakukan pemulihan dan pertumbuhan. Selain itu, vitamin E yang terdapat pada almond dapat mencegah Anda dari penyakit kulit. Konsumsi satu hingga dua genggam almond setiap hari akan membantu membentuk otot lebih cepat.

7. Bangkitkan energi dari kopi

Nutrisi dari minuman ini penting dilengkapi dalam menur diet Anda. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi berguna untuk meningkatkan performa latihan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi sebelum latihan dapat meningkatkan kemampuan tubuh saat latihan sebanyak 9%. Kandungan kafein dalam kopi juga bisa digunakan untuk mencegah nyeri otot setelah latihan. Bahkan, peminum kopi dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson sebesar 30% daripada yang tidak mengonsumsi kopi.

8. Hindari dehidrasi dengan konsumsi air yang cukup

Otot Anda terdiri dari 80 persen air. Proses sintesis protein pada tubuh terjadi pada tingkat yang lebih tinggi dalam sel otot yang terhidrasi dengan baik, dibandingkan dengan sel yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Minum air sebanyak 8-9 gelas per hari dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 54%. Karena itulah, latihan dan pola makan yang tepat adalah kombinasi sempurna untuk membantu membentuk otot lebih cepat.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh Anda. Bila perlu, dorong dengan tambahan suplemen untuk membentuk otot lebih cepat.

Sumber : https://duniafitnes.net/