> GRATIS KEANGGOTAAN DI SINI
BACK


NEWS
Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Melakukan Diet
June 12, 2018

Apakah Anda merasa diet yang Anda lakukan sudah benar? Berolahraga merupakan kegiatan fisik yang kerap Anda lakukan saat berdiet. Selain berolahraga , nutrisi yang cukup juga diperlukan untuk menunjang program diet Anda berhasil. Namun, masih banyak di antara Anda yang salah mengerti dalam menjalankan program diet Anda, sehingga tak jarang program diet Anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Pemahaman yang salah seputar diet akan membuat usaha Anda sia-sia. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai program diet Anda, pahami terlebih dahulu bagaimana cara diet yang benar dan tepat untuk menurunkan berat badan Anda.

1. Tidak sabar ingin berat badan segera turun

Terkadang, setiap usaha yang dilakukan saat diet belum juga membuahkan hasil. Hal ini seolah-olah menjadi penghakiman bagi Anda bahwa apa yang telah Anda usahakan hanya sia-sia belaka. Selain itu, jika sudah mencapai puncak, Anda mungkin tidak sabar dan mengambil jalan pintas. Misalnya, dengan menggunakan obat-obatan atau bahkan berupaya untuk sedot lemak agar kadar lemak berlebih dalam tubuh cepat terkikis. Padahal cara ini sangat tidak disarankan. Mengapa? Ingat kembali bahwa selama metabolisme tubuh Anda belum berada di jalur yang benar, semua metode itu tidak akan memberikan hasil optimal. Untuk itu, perbaiki dulu metabolisme tubuh Anda belum berada di jalur yang benar, semua metode itu tidak akan memberikan hasil optimal. Untuk itu, perbaiki dulu metabolisme tubuh Anda dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan.

2. Berat badan turun, apakah lemak praktis turun juga?

Latihan kardio sering dilakukan untuk menghilangkan lemak dalam tubuh. Tapi, benarkah ketika berat badan turun, lemak praktis turun juga? Manfaat yang dirasakan setelah berlatih kardio adalah tubuh lebih kuat dan bugar, mungkin berat badan Anda bisa saja tetap sama atau bahkan bertambah karena massa otot Anda yang bertambah. Tingkatkan latihan Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan Anda akan mendapatkan berat badan ideal dengan sendirinya.

3. Diet tapi berat badan bertambah?

Sebagian besar wanita mengeluh dan cemas dengan berat badan mereka yang bertambah 1 hingga 2 kg dalam sehari. Anda tak perlu merasa khawatir karena hal ini masih wajar. Sebagai contoh, Anda menimbang berat badan pada pagi hari saat perut kosong dan malam hari setelah seharian perut terisi makanan dan air, pasti akan terjadi penambahan berat saat Anda menimbang badan Anda. Perbedaan berat yang cepat ini tidak berhubungan dengan berat badan permanen, namun lebih kepada makanan dan minuman yang baru saja Anda makan. Oleh karena itu, melakukan pengukuran berat badan sebaiknya dilakukan seminggu sekali.

4. Diskon kalori secara drastis

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat berdiet adalah memotong kalori secara besar-besaran dan tanpa perhitungan yang benar. Hasilnya, karena kekurangan asupan nutrisi seimbang Anda pun jatuh sakit. Diet yang sehat adalah tetap memenuhi kebutuhan makan 5-6 kali sehari dalam porsi kecil. Minumlah jus buah agar Anda bisa kenyang lebih lama. Lakukan latihan fisik agar kalori dan lemak tubuh Anda cepat terbakar. Pahamilah jika latihan kebugaran dan diet sehat tidak hanya untuk jangka pendek tapi untuk kesehatan Anda seumur hidup.

5. Pilih mana, eliptical atau treadmill?

Penelitian menunjukkan bahwa latiihan dengan menggunakan elliptical machine tidak lebih baik dari pada menggunakan treadmill sekalipun memiliki fungsi yang sama, yaitu meningkatkan detak jantung dan membakar lemak. Mengapa demikian? Gerakan pada Elliptical machine sangat bergantung pada momentum gerakan sehingga kurang memiliki beban latihan. Dengan beban latihan yang kurang maka latihan ini kurang efektif  untuk menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan treadmill atau sepeda stationer.

6. Susah diajak pergi ke gym

Ini adalah salah satu kekhawatiran bagi mereka yang ingin turunkan berat badan, terutama kaum perempuan. Memang benar, jika Anda rajin berlatih beban, massa otot Anda akan bertambah. Namun, ada beberapa latihan tertentu yang berfungsi untuk menambah massa otot ke batas normal seperti metode heavy resistance and volume. Dengan berlatih beban dan meningkatkan latihan kardio, maka Anda akan mendapatkan bentuk tubuh ideal. Masih ingat kan prinsip dasar pembakaran lemak tubuh? Semakin banyak otot maka semakin tinggi tingkat pembakaran lemak.

7. Cukup hanya latihan sit up

Banyak diantara Anda melakukan sit up untuk menghilangkan timbunan lemak di daerah perut. Latihan yang Anda lakukan untuk menghilangkan lemak di daerah tertentu sebenarnya kurang efektif. Anda tidak dapat mengurangi lemak di satu titip tertentu sesuai keinginan Anda. Untuk pembakaran lemak optimal, latihan kardio masih menjadi metode latihan yang efektif. Tingkatkan rutinitas latihan kardio Anda dan biarkan tubuh Anda menentukan sendiri di titik mana lemak Anda akan berkurang.

8. Melewatkan sarapan

Sarapan dengan nutrisi seimbang lengkap dengan karbohidrat, protein dan lemak sehat, seperti yang terdapat pada sereal gandum atau yogurt, maka Anda dapat menurunkan berat badan dari pada Anda tidak sarapan. Jika tidak sarapan, rasa lapar yang datang akan jauh lebih besar sehingga mendorong Anda untuk mengambil porsi makan yang lebih besar pula. Dan ini tentu kurang baik bagi program diet yang Anda lakukan. Jadi, jika Anda benar-benar fokus pada diet, sebaiknya jangan pernah melewatkan waktu sarapan ya.

9. Salad untuk diet

Hindari membuat salad dengan memasukkan banyak makanan berlemak dan berkalori tinggi saat membuatnya. Buatlah salad Anda penuh dengan makanan padat nutrisi dan rendah kalori seperti bayam, brokoli, tomat, dan tambahkan beberapa protein dari kacang, keju rendah lemak untuk rasa dan tekstur yang lebih nikmat.

10. Teliti sebelum membeli

Perlu Anda pahami jika ada produk makanan bertuliskan “rendah lemak” bukan berarti produk tersebut rendah kalori. Sebagai contoh, jika satu sajian makanan tertentu berisi 60% kebutuhan lemak harian maka kurangilan hingga 30% saja. Bagaimanapun juga, 30% lemak masih terlalu besar bagi Anda.

Source : https://duniafitnes.net/