> GRATIS KEANGGOTAAN DI SINI
BACK


NEWS
FUN CLASSES TO STAY FIT & HEALTH DURING RAMADAN
May 21, 2018

Pada saat bulan Ramadhan, biasanya aktivitas sehari-hari justru semakin sibuk terutama dalam hal melakukan ibadah di malam hari dan berpuasa pada terbit fajar hingga terbenam matahari. Dengan kegiatan yang wajib dilakukan tersebut tentunya maka tubuh membutuhkan lebih fit agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, Gold’s Gym memberikan beberapa alternatif pilihan olahraga dengan intensitas rendah yang bisa Anda lakukan tanpa membuat lemas saat berpuasa.

1.      Yoga

Salah satu pilihan olahraga yang cocok saat berpuasa adalah yoga. Selain membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan bugar, yoga juga dapat membantu Anda membakar kalori tanpa terlalu menguras tenaga. Selain itu, yoga juga dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri, mengusir insomnia, serta menjaga suasana hati Anda tetap stabil saat berpuasa. Manfaat lain dari melakukan yoga adalah postur tubuh yang terjaga, termasuk keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh. Ada beberapa pilihan kelas Yoga di Gold’s Gym mulai dari Hatha Yoga, Gentle Yoga, Yoga Vinyasa dan Hot Yoga. Namun, jika yoga menurut Anda masih cukup sulit, Anda bisa menggantinya dengan body balance.

2.      Body Balance

Setelah Yoga, ada kelas dengan intensitas rendah lainnya yang bisa Anda ikuti di Gold’s Gym selama bulan puasa yaitu Body Balance. Olahraga yang satu ini menggabungkan tiga jenis senam sekaligus, yakni tai chi, yoga dan pilates. Bagaimana latihan ini bisa efektif melatih seluruh otot tubuh? Body balance bermanfaat dalam hal mengintegrasikan dan menyeimbangkan sistem tubuh karena menyatukan gerakan relaksasi dan meditasi, mengurangi stres, pencegahan penyakit, serta menyelaraskan tubuh, pikiran, dan emosi. Latihan secara rutin akan meningkatkan kondisi fisik, fleksibilitas, serta menyeimbangkan semua sisi tubuh supaya menjadi lebih simetris. Latihan untuk bagian penyangga tubuh ini, bila dikombinasikan dengan gerakan pilates yang lebih rileks, akan mencegah pembentukan asam laktat.

3.      Aerobics

Olahraga aerobik diartikan sebagai olahraga yang memerlukan banyak oksigen dan melibatkan banyak otot-otot besar. Olahraga tipe ini dilakukan dalam intensitas yang rendah dan dalam kurun waktu yang cukup lama. Setiap melakukan aktivitas fisik, tubuh akan membentuk energi untuk dipakai sebagai energi. Ketika kita melakukan olahraga aerobik, maka sebagian besar tubuh menggunakan glikogen atau gula otot dan cadangan lemak sebagai bahan dasar dari pembentukan energi. Olahraga jenis ini baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, olahraga aerobik sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih. Dengan melakukan olahraga aerobik, Anda juga dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh, menghindarkan Anda untuk mengalami stress, serta menurunkan berbagai risiko penyakit degeneratif.

Jenis olahraga aerobik adalah olahraga yang nyaman dilakukan, tanpa membuat Anda susah bernapas, seperti jalan santai, berenang, dansa, dan bersepeda. Masing-masing jenis olahraga aerobik memiliki durasi yang berbeda-beda.

4.      Pilates

Pilates merupakan bentuk olah tubuh yang dilakukan dengan cara mengombinasikan latihan kelenturan dan kekuatan tubuh serta pernapasan dan rileksasi. Pola dasar gerakan menitikberatkan pada gerakan-gerakan otot panggul dan otot perut.

Praktik pilates berfokus di sekitar penguatan 'inti'. Inti didefinisikan sebagai pita lebar yang membentang di bagian pertengahan pusar ke punggung bawah, memanjang dari tulang rusuk ke panggul. Setiap latihan pilates berfokus pada penguatan inti tersebut. Nah, Pilates juga bisa Anda pilih untuk dijadikan latihan selama berpuasa. Gold’s Pilates punya keasyikan sendiri dan tentunya dengan instruktur yang mampu membangkitkan energi dan semangat Anda.

Jadi, meskipun sedang berpuasa Anda tetap bisa latihan seru dengan kelas-kelas menarik di Gold’s Gym bukan? Anda bisa merasakan keseruan kelas olahraga dengan intensitas rendah dan tentunya dengan instruktur keren yang bikin Anda semangat dan antusias latihan. Jangan lupa, jadwalkan jam olahraga Anda dan ikuti kelas olahraga dengan intensitas rendah di klub Gold’s Gym pilihan Anda!