> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

Langkah dan Gerakan Senam Aerobik Bagi Pemula

October 25, 2019

Sumber: https://theculturetrip.com/north-america/usa/new-york/articles/dance-cardio-classes-nyc-hiphop-choreography/



Melakukan senam aerobik secara rutin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan, manfaat lainnya yang akan Anda rasakan secara nyata adalah turunnya berat badan. Selain itu, senam aerobik juga akan melatih sekelompok otot-otot besar dan menyehatkan jantung. Dengan melakukan latihan gerakan senam aerobik yang benar, akan banyak kalori yang terbakar.


Apabila Anda adalah seorang pemula dalam urusan senam aerobik, sebenarnya bagaimana, sih, langkah yang tepat dan gerakan senam aerobik apa saja yang sebaiknya dilakukan? Simak penjelasannya.


1. Pemanasan

Pemanasan adalah wajib hukumnya saat berolahraga, termasuk senam aerobik. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera saat melakukan gerakan senam aerobik, terlebih lagi jika Anda adalah seorang pemula. Pemanasan ini bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, menaikkan denyut jantung, serta mempersiapkan otot-otot dan persendian untuk melakukan aktivitas berat setelahnya. Ketika Anda tidak melakukan pemanasan, otot dan persendian tersebut akan kaget karena langsung diberikan aktivitas berat secara tiba-tiba.


Beberapa gerakan pemanasan yang dapat Anda lakukan adalah jalan di tempat, melangkah dari sisi ke sisi dan menggerakkan lengan pada tingkat pinggang dan lebih tinggi. Lakukan gerakan ini selama kurang lebih sekitar 5-10 menit, setelah itu Anda pun siap melakukan gerakan senam aerobik pada latihan inti.


2. Latihan Inti

Setelah melakukan pemanasan dan tubuh Anda siap, maka Anda segera dapat melakukan latihan inti dengan intensitas yang lebih tinggi. Anda dapat melakukan latihan inti selama sekitar 25-55 menit. Berikut ini beberapa jenis gerakan senam aerobik yang cocok bagi pemula.


Marching

Gerakan senam aerobik pertama bagi pemula dapat dimulai dengan gerakan jalan di tempat, dengan mengangkat kaki kira-kira setinggi betis. Jangan lupa lutut Anda juga harus ditekuk sampai 90 derajat.


Jogging

Gerakan ini adalah gerakan menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut yang mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut. Gerakan ini merupakan gerakan yang menyerupai jogging, akan tetapi dilakukan di tempat.


Kicking

Kicking merupakan gerakan senam aerobik yang mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pinggang atau lebih.



Double Step

Gerakan ini merupakan gerakan yang melangkah sebanyak dua langkah ke kanan dan ke kiri, lalu diakhiri dengan merapatkan kaki dengan menyentuh mata kaki kanan dan kiri.


Grapevine

Gerakan dimulai dengan melangkah sebanyak dua kali ke kanan dan kiri seperti double step, akan tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.


Leg Curl

Gerakan leg curl merupakan gerakan senam aerobik yang menekuk kaki ke arah belakang.


Heel Touch

Gerakan ini dilakukan dengan cara menyentuhkan tumit kakik kanan ke tumit kaki kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki yang menjadi tumpuan.


3. Pendinginan

Setelah Anda melakukan gerakan senam aerobik pada latihan inti, lakukanlah pendinginan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung ke keadaan normal secara bertahap. Gerakan pendinginan kurang lebih hampir sama dengan pemanasan, durasinya sekitar 10 menit. Pendinginan atau peregangan ini gunanya adalah untuk membantu mengembalikan otot dan persendian ke kondisi normal.



Gerakan senam aerobik di atas sangat mudah untuk dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Waktu yang dibutuhkan pun tidaklah banyak. Jika dipadukan dengan pola hidup sehat, senam aerobik dapat memberikan dampak yang maksimal bagi tubuh Anda, seperti membuat tubuh lebih berstamina, tidak mudah lelah, menghindari risiko rentan terhadap penyakit, serta menjaga berat badan tetap ideal.


Jika Anda termasuk seseorang yang enggan berolahraga sendirian, maka melakukan senam aerobik dengan tim GGX di Gold’s Gym adalah salah satu pilihan yang tepat. Nyatanya berolahraga dengan teman-teman yang seru dan menyenangkan akan memberi manfaat yang lebih maksimal dan optimal ketika Anda berolahraga. Keep getting stronger with Golds!