> 7-DAY FREE ACCESS
BACK




KNOWLEDGE

5 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut

October 4, 2019

Perut buncit senantiasa menjadi permasalahan bagi banyak orang. Selain dapat mengganggu rasa percaya diri, perut buncit juga cukup bisa mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Sebenarnya dalam mengecilkan perut buncit, ada banyak olahraga yang bisa dilakukan. Salah satu yang dipercaya ampuh adalah yoga. Yoga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tidak hanya untuk mengecilkan perut buncit, tetapi juga untuk kesehatan lainnya. Namun, untuk mendapatkan hasil berupa perut yang rata, ada beberapa gerakan yoga khusus yang perlu Anda lakukan. Simak penjelasan lebih lanjut berikut mengenai gerakan yoga untuk mengecilkan perut.


Sumber: freepik


Dhanurasana

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang pertama adalah dhanurasana. Dhanurasana merupakan posisi badan yang menyerupai perahu dan ampuh membakar lemak di perut. Meskipun cenderung sulit dilakukan, tidak ada salahnya Anda mencoba gerakan yoga satu ini. Dhanurasana tidak hanya ampuh membakar lemak membandel di perut, tetapi juga sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot punggung.


Cara melakukan gerakan ini adalah:

- Berbaring dengan posisi tengkurap di atas matras yoga, lalu bengkokkan lutut ke atas dan pegang pergelangan kaki dengan tangan.

- Angkat badan ke atas sampai tubuh membentuk lengkungan yang menyerupai perahu. Dalam posisi ini, perutlah yang menjadi tumpuan badan.

- Arahkan kepala dan pandangan ke arah atas, tahan posisi seperti ini selama 30 detik hingga 1 menit.


Sumber: freepik.com


Bhujangasana

Bhujangasana tidak hanya merupakan gerakan yoga untuk mengecilkan perut, tetapi juga bermanfaat untuk kelenturan bagian pinggang dan tulang belakang. Jika Anda melakukan gerakan yang satu ini secara rutin, maka Anda pun bisa terhindari dari sakit punggung, bahkan dapat menyembuhkan sakit punggung yang sudah terlanjur menyerang.


Cara melakukan gerakan bhujangasana:

- Posisi badan telungkup, kaki lurus, dan kedua telapak tangan berada tepat di bawah garis bahu.

- Tarik napas perlahan, angkat badan ke arah belakang, tahan posisi tersebut selama 1 menit.

- Kembali ke posisi awal sambil menghembuskan napas secara perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-10 kali.

https://yogaholism.com/bhujangasana-steps-benefits-and-precautions/


Chaturanga Dandasana

Chaturanga dandasana ini, selain dapat mengecilkan perut, gerakan yoga satu ini juga dapat menguatkan bahu, lengan, dan punggung. Cara melakukan gerakan ini adalah:

- Posisi badan seperti push-up, kaki bertumpu pada ujung jari kaki, tangan sejajar bahu, posisi badan sejajar dari ujung kepala sampai kaki.

- Hembuskan napas sambil menurunkan dada ke arah lantai, (jangan sampai menyentuh lantai), hingga telapak tangan dekat dengan tubuh dan otot perut terasa menegang.

- Tahan posisi seperti ini hingga 1 menit.


Sumber: yoginiinreallife.com



Pavanamuktasana

Gerakan yang yoga untuk mengecilkan perut yang keempat adalah pavanamuktasana. Gerakan yang satu ini tergolong yang paling santai dan mudah dilakukan. Latihannya bahkan bisa Anda lakukan di kasur ketika baru bangun atau sebelum tidur.


Cara melakukan gerakan pavanamuktasana adalah:

- Berbaring di kasur atau matras yoga dengan posisi telentang.

- Angkat kepala lalu tarik kaki kanan ke arah dada sambil menarik napas, lalu cium lutut sambil menghembuskan napas.

- Lakukan gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kiri.

- Kemudian lakukan gerakan tersebut dengan menarik kedua kaki ke arah dada hingga menyentuh hidung dan tahan selama 30 detik.

- Ulangi beberapa kali semampumu..

Sumber: www.angelmakeups.com



Uttanpadasana

Yang terakhir, gerakan yoga untuk mengecilkan perut lainnya adalah uttanpadasana. Manfaatnya bukan hanya untuk menghilangkan lemak di perut, tapi juga bisa mengencangkan otot kaki sehingga dapat membuat kaki jadi lebih cantik dan jenjang.


Cara melakukan gerakan uttanpadasana:

- Berbaring dengan posisi telentang di atas matras yoga, posisi kaki dan tangan lurus serta rapat.

- Angkat kedua kaki secara perlahan hingga membentuk posisi tubuh tegak lurus seperti sudut 90 derajat.

- Turunkan kaki dengan perlahan. Ulangi gerakan ini minimal 5 kali dalam setiap latihan.



Sumber: cycomparte.com



Itulah 5 gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang dipercaya ampuh. Namun, selain melakukan gerakan yoga tersebut secara rutin, untuk hasil yang maksimal Anda juga harus mengimbanginya dengan menu makanan bernutrisi tinggi, istirahat cukup, banyak minum air putih, serta menjalani pola hidup sehat. Sekarang Anda dapat dengan mudah berlatih yoga di Gold’s Gym. Dengan mengikuti kelas yoga di Gold’s Gym, Anda dijamin dapat mencapai tujuan untuk mendapatkan tubuh ideal! #StrongerwithGolds