BACK




KNOWLEDGE
Penyebab Diet Gagal
November 1, 2016

Diet yang berhasil adalah yang bisa mengubah gaya hidup Anda. Karena diet instan akan membuat Anda kesulitan mempertahankan berat badan dan mencapai berat ideal. Beberapa hal ini seringkali membuat diet seseorang gagal.

 

Tergoda ikut makan orang di sekitar Anda.

Lingkungan yang mendukung salah satu faktor penting untuk ikut menyukseskan program diet Anda. Seperti keluarga dan teman kantor. Jika Anda berada dalam lingkungan yang kurang mendukung, bola ada di tangan Anda. Jangan juga terlalu membatasi makanan, sehingga Anda tidak merasa menikmati lagi diet. Kuncinya, pengendalian diri. Anda harus memiliki motivasi yang kuat bahkan saat teman kantor “pesta” pizza atau keluarga di rumah sedang memesan paket promo junk food. 

 

Enggan berolahraga.

Olahraga berperanan penting dalam penurunan berat badan. Program diet yang mengabaikan olahraga tidak akan optimal. Aktivitas fisik sangat esensial dalam penurunan berat badan juga untuk menjaga Anda tetap sehat. Seperti meningkatkan resistensi insulin, mencegah insomnia, memperbaiki fungsi paru-paru, menambah energi, menguatkan tulang, mencegah penyakit kronik dan lain-lain.

 

Emosi yang tidak stabil.

Selain membuat lapar, diet seringkali membuat pelakunya mudah marah. Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah, tapi jangan menganggapnya sebagai beban. Agar berhasil, Anda harus menjalaninya dengan senang. Nikmati prosenya, jika Anda merasa terlalu lapar, itu artinya kurang kalori. Makanlah sayuran tinggi serat. Jika Anda menjadi pemarah dan mudah emosi, mungkin Anda kurang karbohidrat. Pilih karbohidrat kompleks, seperti beras merah atau roti gandum. Kendalikan diri, jangan melampiaskan dendam Anda dengan makan berlebihan. Ingat selalu motivasi diet Anda.

 

Tujuan diet hanya untuk menurunkan berat badan bukan manfaat kesehatan.

Memiliki berat badan berlebih, kesehatan Anda bisa terganggu. Jika Anda menjalankan diet hanya untuk penurunan berat badan tanpa memperbaiki kesehatan, itu menunjukkan bahwa rencana diet tersebut bukan cara yang sehat.