BACK




KNOWLEDGE
Nutrisi Terbaik Sebelum Olahraga
March 21, 2019

Apa saja nutrisi terbaik sebelum olahraga? Apakah benar-benar dapat mempengaruhi atau meningkatkan performa tubuh Anda saat berlatih di gym? Dengan begitu banyak merk suplemen yang berbeda di pasaran, mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memutuskan mana yang terbaik digunakan sebelum latihan olahraga. Tapi, hal yang paling penting untuk Anda ketahui bukan semanta brand atau merknya saja, melainkan kandungaan nutrisi terbaik sebelum latihan. Suplemen pre-workout memang sudah menjadi kewajiban bagi Anda yang ingin menjaga keidealan bentuk tubuh maupun menambah performa latihan. Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan power, stamina, baik selama latihan maupun sesudahnya. Terutama bagi Anda yang baru memulai, mungkin akan sedikit bingung produk mana yang terbaik untuk pre-workout Anda. Nah, jika Anda bingung berikut ini adalah beberapa nutrisi terbaik sebelum latihan yang wajib ada di suplemen Anda.

1. Kafein

Banyak atlet angkat beban maupun pegiat fitness memilih kafein sebagai nutrisi terbaik sebelum latihan. Alasannya adalah berbagai penelitian menunjukkan bahwa kafein bermanfaat untuk menambah performa latihan. Mulai dari manfaatnya dalam meningkatkan kewaspadaan, fokus, mengurangi DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) atau nyeri pasca latihan, membantu membakar lemak, dan paling utama adalah menambah energi selama latihan. Kafein akan membantu menjaga ketahanan daya tahan tubuh Anda selama latihan serta mampu menjaga performa saat Anda latihan intens. Meskipun pada tahun 2004 atlet dilarang mengonsumsi kafein karena dianggap dopping namun setelahnya larangan tersebut dihapus karena lebih dari 75% atlet mengonsumsi kafein selama berkompetisi. Tapi, hal ini akan berbeda bagi Anda yang tidak tahan dengan kafein. Cara terbaik bagi Anda yang mengalami ini adalah dengan menghindari atau membatasi asupan kafein. Hindari konsumsi kafein menjelang tidur karena dapat membuat Anda terjaga dan sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. BCAA

Jika Anda mengonsumsi kalori dan protein yang cukup, maka leusin, isoleusin, dan valin dari BCAA (branched-chain amino acids) akan membantu mengatur metabolisme protein. Hal ini berarti akan membantu meningkatkan sintesis protein dan mengurangi pemecahan protein. Dengan kata lain, BCAA akan membantu membangun otot Anda dan meminimalisir penyusutan otot. Jika dikonsumsi sebelum latihan, BCAA dapat membantu mengurangi nyeri otot (DOMS) sehingga Anda bisa kembali latihan lebih cepat, mengurangi kelelahan fisik dan mental selama latihan. Jika Anda mencari merk dengan kandungan BCAA terbaik, maka pilih merk suplemen dengan kandungan BCAA yang memiliki rasio 2:1:1, 2 untuk leusin, 1 untuk isoleusin dan valin. Tapi, jika beberapa brand tidak menyebutkan secara spesifik, maka pilihlah merk dengan kandungan setidaknya 3 gram leusin per porsi.

3. Beta-Alanine

Fungsi dari beta-alanine adalah menunda kelelahan. Ketika latihan dengan intens, tingkat keasaman tubuh Anda juga akan bertambah. Semakin tinggi nilainya, maka semakin cepat lelah dan mengurangi performa latihan. Beta alanine ini dapat membantu mempertahankan intensitas latihan Anda dalam waktu yang lebih lama. Dengan kata lain, beta alanine membantu menambah energi sehingga durasi latihan menjaga lebih lama. Jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah besar, maka kemungkinan Anda akan merasakan kesemutan, terutama pada bagian leher dan muka. Kondisi ini dinamakan dengan paresthesia. Meskipun begitu, para ilmuwan mengatakan bahwa paresthesia tidaklah berbahaya dan sifatnya sementara. Bagi Anda yang ingin konsumsi beta alanine, konsumsi sekali atau dua kali belum akan terlihat perubahannya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin 2-3 minggu. The International Society of Sports Nutrition merekomendasikan untuk mengonsumsi beta alanine sebanyak 4-6 gram per hari.

Selain tiga nutrisi di atas, ada beberapa nutrisi terbaik sebelum latihan yang tak kalah besar manfaatnya. Antara lain, L-Tyrosine yang berfungsi menambah energi dan ketahanan terhadap kelelahan, L-Theanine yang berfungsi meningkatkan fokus dan mengurangi gemetar yang diakibatkan dari kafein, Yohimbine yang berfungsi menambah energi dan mental, Betaine yang berfungsi menambah kekuatan dan mempercepat masa recovery. Apabila dikonsumsi sesuai dosis, maka nutrisi terbaik sebelum latihan di atas akan sangat membantu menjaga performa Anda.

Source : Duniafitness.net