BACK

KNOWLEDGE
Relaksasi Mata Lelah Menatap Layar Elektonik
November 21, 2016

Anda yang lebih banyak bekerja dengan menatap layar komputer, seringkali tidak menyadari bahwa itu bisa membuat mata menjadi lelah dan mengalami computervision syndrome (CVS). Belum lagi ditambah dengan aktivitas di media sosial yang membuat Anda terpaku dengan skrin ponsel pintar ataupun komputer tablet. CVS bisa mengakibatkan gangguan penglihatan. Agar itu tidak terjadi pada mata Anda, seorang fisioterapis menyarakan untuk melakukan eye vision relaxation atau eye vision exercise setiap dua jam sekali. 

Cara melakukan Eye Vision Relaxation
-  Lakukan pijatan pada dua titik oksipital yang terletak pada bagian tengkuk. Untuk menemukannya, Anda bisa menunduk dan merasakan tonjolan di tulang leher belakang. Tekan secara konstan kedua tonjolan itu dengan ujung jari tengah dan telunjuk, selama dua menit.
- Pijat titik energi penglihatan, yang ada di belakang bahu kanan dan kiri. Gunakan jari tengah untuk mencari titik tersebut. Setelah Anda temukan, pijat dengan lembut dan konstan selama satu menit, bergantian dari satu bahu ke bahu berikutnya.
-  Pijat kedua pojok mata yang berada di dekat pangkal hidung, dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan dengan gerakan melingkar kea rah atas. Tekanan harus lembut dan konstan selama satu menit.


Cara melakukan Eye Vision Exercise
- Clock Eye Stretching, yaitu latihan dengan membayangkan wajah Anda sebagai jam dinding. Pukul 12 berada di atas mata, pukul tiga di sebelah kanan mata dan seterusnya. Gerakkan mata Anda searah jarum jam untuk satu putaran secara perlahan, lalu lakukan ke arah sebaliknya. Latihan ini dilakukan dengan mata terpejam.
-  Two Dots Exercise. Duduk di kursi dengan menghadap dinding, atur jarak kursi kira-kira 1,5 meter dari dinding.  Bayangkan ada dua titik berukuran besar dalam posisi sejajar,  yang terpisah dengan jarak tertentu, di dinding. Gerakkan mata sesuai letak titik yang Anda bayangkan. Pandang satu titik selama tiga detik, lantas pindah ke titik lain. Begitu seterusnya, lakukan selama tiga menit. 
- Blinking Exercise. Tutup mata Anda dan rileks sejenak. Kedipkan 15 kali berturut-turut dengan pelan. Tutup mata kembali, dan rileks. Ulangi latihan sebanyak dua kali.
- Zoom Exercise. Luruskan lengan tepat di depan mata dengan jari telunjuk dan tengah mengarah ke atas. Fokuskan mata Anda pada dua jari tersebut. Dekatkan jari ke arah mata perlahan kira-kira 10 sentimeter dari hidung, jaga pandangan tetap fokus pada kedua jari. Tatap jari sekitar tiga detik, luruskan lengan lagi dengan mata tetap fokus pada kedua jari. Lakukan latihan ini selama tiga menit. 
Diagonal Vision Exercise. Hampir mirip dengan Two Dots Exercise, namun jumlah titik yang Anda bayangkan ada empat, dan tersusun membentuk segi empat. Gerakkan mata sesuai pola yang Anda ingat-ingat. Setelah melalui satu putaran, lakukan dengan arah sebaliknya. Latihan ini bisa diulang sebanyak empat kali.
Eye Squeeze Exercise. Tarik napas dalam-dalam, lalu embuskan, rilekskan leher, muka dan otot-otot mata. Tarik napas perlahan, dan kontraksikan seluruh otot wajah serta otot mata Anda, rapatkan gigi seperti sedang menggigit sesuatu. Tahan selama tiga detik. Embuskan napas perlahan, kemudian buka mulut dan mata lebar-lebar. Ulang sebanyak tiga kali, lantas rilekskan mata dan wajah Anda.
Eye Palming. Mula-mula pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih, gosokkan telapak tangan sampai hangat, lalu tutup mata dengan telapak tangan. Jangan menekan mata, cukup sampai tidak ada cahaya yang masuk ke mata. Lakukan selama tiga menit.