BACK

KNOWLEDGE
Diet Sesuaikan Dengan Tipe Tubuh Anda
December 12, 2016

Tipe tubuh Anda bisa dijadikan pedoman untuk berolahraga dan berdiet. 

William H. Sheldon, psikolog dari Amerika, memperkenalkan teori somotype, yaitu menggolongkan tubuh manusia dalam tiga tipe: ectomorph, mesomorph dan endomorph.

Oleh para ahli gizi, pakar fisiologi, olahraga dan pembentukan tubuh, tiga tipe itu selanjutnya dijadikan panduan untuk menentukan jenis olahraga yang tepat bagi orang. Tidak semua orang bisa digolongkan ke dalam tiga tipe ini karena ada beberapa orang yang tubuhnya termasuk dalam dua tipe. 

Mari cari tahu, tubuh Anda termasuk tipe yang mana.

EctomorphTipe bentuk tubuh yang kurus, ramping, memiliki sedikit lemak dan massa otot. Tubuh dengan tipe ini memiliki kesulitan untuk membangun otot dan menambah berat badan. Dibutuhkan kesabaran dalam menaikan berat tubuh dan mempertahankannya. Diet yang cocok adalah diet tinggi kalori. 

Mesomorph. Inilah tipe tubuh atletis yang banyak diidamkan. Tipe tubuh ini mudah sekali mendapatkan tubuh yang berotot dan padat. Orang dengan tipe ini bisa makan sesukanya tanpa takut kegemukan karena mereka bisa mengontrol berat badan dengan mudah. Asalkan sehat, diet apapun cocok.

Endomorph. Memiliki karakter tubuh yang bulat, gempal dan biasanya bertubuh besar. Orang dengan tipe ini memiliki masalah dalam menurunkan berat badan. Diet sehat dan olahraga yang teratur sangat dianjurkan, terutama jenis olahraga kardio