BACK




KNOWLEDGE
Benarkah Plank dan Sit Up Dapat Mengecilkan Lemak Perut?
November 21, 2018

Mungkin Anda sering mendengar informasi bahwa Plank dan Sit Up bisa mengecilkan lemak perut. Benarkah demikian?

Plank dan sit-up adalah dua jenis olahraga yang efektif membentuk otot. Namun, kenapa sudah rajin sit up, tapi perut masih buncit juga? Wajar saja. Ini karena plank dan sit-up nyatanya bukan termasuk jenis olahraga mengecilkan perut.  Plank dan sit-up masih sering diperkenalkan sebagai olahraga mengecilkan perut. Namun, pada kenyataannya, efek pengurangan lemak perut dari kedua jenis olahraga ini tidaklah terlalu besar. Sebab, plank dan sit-up sebetulnya termasuk olahraga yang khusus bertujuan untuk melatih dan meningkatkan massa otot sehingga menjadi lebih kuat.


Berdasarkan informasi yang di himpun Gold’s Gym Indonesia, peningkatan massa otot perut inilah yang membuat orang-orang menganggap bahwa sit-up atau plank saja sudah cukup untuk menghilangkan lemak akibat perut buncit. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah perut terasa lebih kencang dari sebelumnya karena otot perut terbentuk. Namun, bila tidak usaha lain untuk menghilangkan lemak, otot tersebut tertutup jaringan lemak yang masih ada di balik perut itu.


Penelitian dalam jurnal Research Quarterly for Exercise and Sport menunjukkan bahwa melakukan plank atau sit-up saja bahkan rutin dalam 5 hari seminggu selama 6 minggu berturut-turut tidak mengurangi lemak subkutan dan lemak viseral di balik perut. Ini karena metabolisme lemak tidak hanya terjadi pada bagian perut, melainkan juga di seluruh tubuh. Proses pembakaran lemak di sekitar perut saat kita melakukan sit-up atau plank pun hanyalah sebagian kecil dibandingkan proses metabolisme lemak tubuh secara keseluruhan.


Lalu, adakah olahraga mengecilkan perut yang efektif?


Ingat, hanya fokus melatih satu bagian tubuh spesifik tidak lantas akan menghilangkan lemak pada bagian tersebut. Berolahraga dengan hanya mengandalkan satu gerakan berulang seperti sit-up atau plank saja cenderung kurang efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Nyatanya tidak ada satu jenis olahraga yang efektif membakar lemak perut. Umumnya, pengurangan berbagai jaringan lemak tubuh akan tergantung pada seberapa banyak kalori yang kita bakar selama berolahraga. Pembakaran kalori dari olahraga pun juga akan tergantung pada variasi, durasi, dan intesitas aktivitas fisiknya.


Di samping itu, jika ingin benar-benar mengecilkan perut, kita juga perlu menyeimbangi rutinitas olahraga dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Mulai dari menjaga pola makan bergizi seimbang, manajemen stres yang baik, rajin minum air putih, menghindari rokok, sampai mendapatkan waktu tidur cukup setiap malam. Absennya salah satu faktor penentu ini bukan tidak mungkin dapat menghambat kesuksesan meraih perut yang rata dan kencang. Kesimpulannya, dengan rajin plank dan sit-up kita bisa saja memiliki otot perut yang kencang, tapi belum tentu kecil dan rata apabila tidak terus didampingi dengan perubahan pola makan dan kebiasaan harian yang bisa mengikis lemak.