BACK




KNOWLEDGE
6 Cara melakukan squats yang benar
October 15, 2017

Gerakan olah raga squat adalah gerakan yang sangat sederhana. Gerakan ini termasuk salah satu gerakan Bodyweight training yaitu latihan dengan menggunakan beban tubuh. Squat juga amat praktis karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Walaupun gerakannya amat sederhana, namun squat memiliki banyak sekali manfaat yang amat baik untuk tubuh kita.

Banyak manfaat dai melalkukan gerakan squat ini antara lain: Membeakar lemak dan kalori, memingkatkan massa otot, membentuk otot kaki, meningkatkan kekuatan, meningkatkan keseimbangan, meningkatkan kelenturan, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi resiko cidera, meningkatkan kemampuan fisik dalam aktifitas dan meningkatkan produksi hormone testosteron juga produksi sperma.

Cara Melakukan Gerakan Squats Yang Benar

Squats adalah salah satu olahraga yang mudah dan efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat selain itu, jika kamu melakukan squats dengan rutin dan benar kamu dapat membuat bokong dan otot perut menjadi lebih kencang. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari squats, kamu harus melakukan squats dengan cara tepat berikut ini.



1.    Posisi Jongkok 90 Derajat

Cara yang tepat untuk melakukan squats adalah dengan posisi jongkok 90 derajat. Untuk anda yang melakukan squats untuk memperoleh bokong yang kencang. Untuk pemula, kamu dapat menempatkan sebuah boks setinggi lutut, ketika anda squats, bokong harus menyentuh boks ini kemudia berdiri kembali. Ulangi langkah ini hingga anda dapat melakukan squats tanpa butuh bantuan boks.

2.    Posisi Punggung Rata

Ketika anda akan berjongkok, secara tidak disadari punggung akan membungkung. Posisi tubuh seperti ini tidaklah tepat, untuk itu kamu perlu memperhatikan bentuk punggungmu selama melakukan squats. Membungkuk ketika melakukan squats dapat memperbesar resiko cidera.

3.   Lakukan Gerakan Squats yang Berbeda

Melakukan gerakakan yang sama ketika berolahraga tidak akan membuat area tubuh yang lain bergerak. Untuk itu, jika anda sudah menguasai satu gerakan squats, cobalah untuk melakukan gerakan squats yang lain seperti memperbesar jarak kaki yang dapat membuat otot paha dalam lebih terlatih dengan squats model ini.

4.   Gunakanlah Barbel sebagai alat pembantu

Untuk memberikan permainan yang lebih banyak pada tubuh dan tentunya dapat melatih otot tangan, kamu dapat menggunakan barbel ringan ketika melakukan squats. Ketika anda sudah terbiasa dengan barbel ringan, cobalah beralih ke barbel yang lebih berat, semakin berat barbel yang anda gunakan selama squats akan membuat kalori semakin cepat terbakar.

5.   Bertumpu Pada Tumit

Ketika kamu melakukan squats, janganlah bertumpu pada jari-jari kaki karena resiko cidera akan semakin besar. Bertumpu pada tumit dengan cara memfokuskan squats dengan mendorong pinggang kebelakang yang otomatis akan membuat tubuh bertumpu pada tumit.



6.   Posisi Kaki Harus Tepat

Ketika anda melakukan gerakan jongkok dan berdiri, usahakan posisi kaki terlebih lutut dalam posisi yang sama. Jangan biarkan lutut bergerak kearah dalam karena dapat membuat tekanan berlebih pada otot lutut yang dapat menyebabkan cidera lutut. Lutut yang terus menerus bergerak kearah dalam disebabkan otot paha dalam dan luar yang belum kuat untuk itu latih juga otot paha dalam dan luar.

Begitulah cara melakukan gerakan squat dengan benar agar bisa benar- benar membentuk otot pada paha, perut dan bokongmu. Untuk hasil yang maksimal dapat dilakukan Workout dengan Personal Trainer dan sekaligus anda dapat men Set Target anda dalam waktu yang anda sendiri tentukan untuk mencapainya. Selamat mencoba.